jadi begini ceritanya…. :p

jadi ceritanya 2 tahun lalu saya suka stalking tweetnya @aimi_asi. terus, secara kebetulan yang cantik ada seminar aimi asi gratisan di elos, yeay! ikutan lah saya, sendirian, ya! SENDIRIAN! (biasa aja dong,win!). oya, buat yang gatau aimi, aimi adalah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, gerakan ibu-ibu bapak-bapak (atau non ibu non bapak seperti saya) pendukung ASI yang miris sama keadaan di negara ini yang dirasa kurang pengetahuan mengenai betapa pentingnya ASI dan prihatin mengenai betapa keracunannya kita sama iklan-iklan susu formula yang wow yang berhasil mencuci otak kita .. (lebaynya mulai keluar ~ maap ~~ )

NAHHH…. sesuai sama deklarasi saya di KMIB TDA tanggal 21 desember lalu, saya presentasi tentang cita-cita saya jadi lactation counselor 10 tahun lagi.. walaupun TDA itu tempatnya pengusaha dan presentasi cita-cita saya ga ada nyambung-nyambungnya sama bisnis, saya ga peduliii~~~ hahahaaa.. yang jelas saya memang ngejar kalimat aamiin dari yg dengerin ocehan saya waktu itu 😛

NAHHH LAGII.. demi 1 cm melangkah mendekati cita-cita, barusan saya ikutan seminar aimi asi tentang MPASI (makanan pendamping ASI), lokasinya di bogor baru yang jaraknya tinggal ngedip doang dari rumah saya :P. sebenernya seminar yang ini sama kaya yang dulu saya pernah ikutan di elos, tapi untuk kali ini karena seminarnya di rumah, jadi ada praktek masaknya, yaa.. saya pikir ga ada ruginya lah buat ikutan lagi…

pertama masuk langsung nulis di kertas registrasi.. disuruh nulis nama dan…. nama pasangan -,- #skip #skip #skip #acakacakkertasregistrasi… trus pas saya liat-liat lagi kertasnya, wuiihhh… pesertanya ada yang dateng dari sukabumi, tangerang, depok.. kereennn… oyahhhhhh, tadi pembicara seminarnya itu istrinya bos saya di muamalat, dasar Bogor yah .__.  mmm, karena tadi acaranya agak ngaret jadi ngobrol-ngobrol dulu sama peserta lain.

peserta lain : “usianya berapa?”

saya                : “hah? saya?”

peserta lain : “bukan, babynya.”

saya                : “oh, belum punya”

peserta lain  : “sudah menikah?”

saya                 : “belum”

peserta lain   : “pantes, keliatan.”           #PFFFFTTTTTT

yaaa… mungkin keliatan karena saya terlihat dateng sendirian, pake sepatu kets dan pake tas gendong pula, mungkin jadi keliatan agak kebocah-bocahan… *menghibur diri*

peserta lain juga ada yang sempet nyangka saya perawat karena profile saya ga cocok banget buat hadir di seminar asi, haha..

lanjut………

nah, mari kita review lagi ilmu barusan, takut keburu lupa pas ntar punya anak beneran ~

apa sih MPASI??? mpasi adalah Makanan Pendamping ASI yang diberikan pada bayi ketika usia bayi telah mencapai enam bulan. inget! 6 BULAN. ketika bayi berusia nol sampai akhir lima bulan, bayi cukup diberikan ASI SAJA (bisa disebut asi eksklusif) tanpa perlu tambahan yang lain seperti air putih, madu, pisang, dll. untuk hal ini pada tahun 2002 WHO menyatakan bahwa,

“Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan menunjukkan manfaat
proteksi yang lebih baik terhadap penyakit dan kematian yang
disebabkan oleh infeksi, khususnya infeksi pencernaan
(penyakit diare), dibandingkan pemberian ASI eksklusif selama
4 bulan atau menyusui partial selama 6 bulan”

intinya sih katanya kalo ngasih mpasinya terlalu cepet (kurang dari 6 bulan) bisa beresiko anak cepet sakit, atau bisa kena alergi karena pas umur segitu anak daya cerna untuk menyerap makanannya belum begitu baik. sedangkan kalo kita ngasih MPASInya telat khawatir anak jadi kekurangan nutrisi, karena setelah usia 6 bulan keatas kebutuhan nutrisi untuk anak akan semakin meningkat, asi doang ga cukup.

terus teruss… harus inget kalo masa MPASI adalah masa pengenalan kegiatan makan, jadi kita sebagai orang tua harus ngasih contoh yang baik. misal duduk di meja makan, mengunyah dengan seksama, ga pake acara nonton tv sambil makan, dan jangan pernah mengiming-imingi anak dengan hadiah kalo misalkan anak agak susah makannya. sabar ajaahh, ikhlass ~~ (belum punya anak jadi gatau capenya kalo anak gamau makan :P)

untuk yang masih berpedoman sama 4 sehat 5 sempurna, maaf-maaf aja nihh ~ pedomannya basi. sejak tahun 2002, 4 sehat 5 sempurna udah diganti jadi PUGS alias Pedoman Umum Gizi Seimbang.. yah, boleh diitung sendiri, ilmu basinya udah disimpen berapa lama? 😛

nah ini penampakan piramid PUGS, piramid paling bawah menunjukkan porsi yang harus dimakan paling banyak ke porsi yang paling sedikit (paling atas).. misal kita makan nasi sama sayur, ya pasti banyakan nasinya daripada sayurnya kan?

Image

oya ada 13 pesan penting Pedoman Umum Gizi Seimbang :

1. Makanlah aneka ragam makanan
2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
4. Batasi makanan berlemak dan berminyak sampai seperempat kebutuhan energi
5. Gunakan garam beryodium
6. Makan makanan sumber zat besi
7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai usia 6 bulan dan lanjutkan dengan penambahan makanan pendamping
8. Makan pagi setiap hari (pengikut OCD ga bisa ikutin PUGS :P)
9. Minum air bersih dalam jumlah cukup
10. Lakukan aktifitas fisik secara teratur
11. Hindari minuman beralkohol
12. Makan makanan yang aman bagi kesehatan
13. Bacalah label makanan yang dikemas

eh, perasaan baru nulis bentar tapi udah bosen, gimana nih 😐

pokonya intinya jangan maksain anak kalo anak lagi ogah makan, kreatif dikit lah cara ngasih makannya! *galak*. terus kalo mau anak pola makannya bener (ngikutin PUGS) ya sebagai orangtua harus bener juga, jangan makan oreo secara berlebihan, kalo bisa ga makan deh T_T

untuk kalian emak-emak sebisa mungkin jauhin susu formula dan biskuit-biskuitan buat anak. biskuit tinggal dikucek-kucek sama air panas terus kasih ke anak?? jih?? macammanaaaaaa….

FYI, susu formula di negara maju itu ilegal buat diiklanin di tv atau media cetak. ga dijual bebas dan ga bakalan ditemuin di supermarket. pemakaian susu formula disana pun memang harus pake resep dari dokter (cuma anak-anak dengan kasus-kasus spesial aja yang dikasih), sedangkan disini? dijual bebas, spanduk segede gaban, jd sponsor rumah sakit (gilak banget), iklan di tv juga merajalela. malah berkesan kalo ga ngasih sufor kayaknya emak jahat banget ke anaknya. bikin para emak khawatir ajah nih iklan, makanya mak, jangan kebanyakan nonton tv ~_~ …. aquascum iklan sufor AHA/DHA!! :O *omelan yang hanya saya yang mengerti, hahah*

oyasumi :3

One thought on “jadi begini ceritanya…. :p

Leave a Reply

