biar inget

saya suka banget bacain blognya bapak satria dharma. banyak tulisan bagus, tapi karena saya ga pernah nyimpen tulisan-tulisan yang saya suka di folder khusus, jadi aja lupa -__- .. bener banget yah istilah “ikatlah ilmu dengan tulisan”, karena baca doang itu ga cukup! sebenernya saya ga nulis ulang juga sih, cuma ngecopy hal yang bakal penting buat hidup saya. jadi di postingannya yang terbaru, pak satria dharma bilang,

“Otak kita begitu aktif sampai-sampai tidak bisa bertahan tanpa oksigen selama lebih dari 5 menit tanpa mengalami resiko kerusakan yang serius dan permanen. Itulah sebabnya mengapa manusia membutuhkan olahraga. Olahraga menyuplai oksigen lebih banyak ke otak. Hal ini membuat kerja otak semakin baik. Jadi pesannya adalah : Bergeraklah untuk meningkatkan kemampuan berpikir Anda!

Olahraga apa? jawabannya adalah: jalan kaki. Nenek moyang kita adalah makhluk pohon yang berevolusi menjadi makhluk pejalan kaki. Manusia purba, berjalan kaki hingga 40 km/harinya (otak kita dirancang untuk berjalan kaki – 19 kilometer per hari!). Itu berlangsung cukup lama–hingga ribuan tahun. Sayang, saat teknologi memasuki kehidupan manusia sehingga tidak sampai 100 tahun yang lalu manusia berubah menjadi malas bergerak. Karena malas bergerak, otak menjadi kekurangan suplai oksigen. Otak juga tidak optimal dalam membuang racunnya. Tidak heran kalau negara yang isinya orang pemalas, rata-rata manusianya tidak normal. Manusia yang semasa mudanya aktif, masa tuanya akan lebih cerah. Sebaliknya,  orang yang mudanya hanya duduk-duduk santai, masa tuanya akan lebih suram dan menyedihkan. Anak-anak yang jogging selama 30 menit dua atau tiga kali seminggu selama 12 minggu akan meningkat kinerja kognitifnya secara signifikan dibandingkan kinerja sebelum menjalani program jogging. Orang yang giat berolahraga mengungguli mereka yang tidak aktif bergerak dalam tes-tes yang mengukur memori jangka panjang, penalaran, perhatian, pemecahan masalah, bahkan tugas-tugas yang sering disebut sebagai intellegensia cair. Intinya, olahraga meningkatkan berbagai kemampuan yang begitu bernilai di ruang kelas dan tempat kerja.”

heeemmmmm… baca tulisan tadi jadi berasa dimarahin :|. sebenernya tulisan di atas itu resensi yang pak satria dharma tulis dari buku “brain rules” yang kayaknya seru deh. tapi selama jutaan kali ke gramed, saya belum pernah nemu ah 😐 (mulaaii lebay banget winda). okaaayyyyy.. baiklah, mulai besok jalan deh… kebun raya bogor, here I come! (+_+)9

oyasumi ^_^

Advertisements

2 thoughts on “biar inget

  1. Pingback: Lost in KRB! | windamaki's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s