toastmaster???

“besok kita pelatihan toastmaster ya”, ujar kak nova.

nah lho, apaan lagi nih (˙▿˙?). saya sebagai anggota yang belum satu bulan bergabung di yayasan tersebut hanya bisa menerima timpukan pengalaman baru dengan pasrah dan lapang dada. ((((lebay))))

pagi hari ini saya mulai dengan dahi yang berkerut, melihat kegiatan di mulai dengan anggota yang lain yang secara bergantian mempresentasikan tentang filsuf-filsuf yang katanya ternama. filsuf??? apa ga ada bahasan yang lebih berat lagi? ☉_☉ dan hal lain yang membuat dahi lebih berkerut adalah setiap presentasi dibawakan dengan menggunakan bahasa inggris filsafat dan setiap slide dibatasi hanya boleh berbicara dalam waktu 20 detik!( ゚ Д゚)

apa yang sedang Kau rencanakan untukku Ya Allah (๑_๑)

walaupun mengawali dengan kebingungan, saya pun ternyata menikmati cerita sejarah tentang filsuf yang katanya ternama itu. mungkin nama david hume, thomas hobbes, dan john locke tidak asing di telinga orang lain, tetapi sangat asing untuk saya yang lebih suka membaca buku-buku dari penulis yang kebanyakan masih hidup. seru juga rasanya mendengarkan perjuangan orang yang hidup pada masa pemerintahan monarki tetapi memiliki paham sendiri, yang kalau sekarang mungkin kata umumnya yang paling sering disebut-sebut adalah antimainstream.

antimainstream di zaman sekarang bisa dibilang unik tapi yaa biasa saja (gimana sih, unik apa biasa??), tapi antimainstream di zaman dulu bisa dianggap sesat dan berujung pada kematian.

setelah terpusing-pusing dengan kegiatan hari ini (padahal tadi cuma ngedengerin doang), toastmaster adalah tantangan selanjutnya yang akan dihadapi di hari esok. hmmm… toastmaster itu apa sih?

Image

pada intinya, menurut dari berbagai macam sumber, toastmaster adalah kegiatan untuk belajar bagaimana berkomunikasi di depan orang banyak, pun termasuk didalamnya mencakup pembelajaran tentang leadership. menurut sejarah, tercatat bahwa kegiatan toastmaster pertama kali dilakukan di Amerika Serikat pada abad 20an. kalau kegiatan yang mirip-mirip di Indonesia mungkin workshop wanna be trainer yang diadakan oleh kek Jamil Azzaini ya.

tujuannya adanya kegiatan toastmaster kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini :

Image

yang tadinya gemeteran bicara di hadapan publik sampai bisa jadi lancar banget, atau seperti contoh gambar lain di bawah ini :

Image

yang tadinya laki-laki, eh jadi perempuan! *salah fokus* ..

yang tadinya ketakutan banget ngomong di podium sampe keringetnya udah kayak sungai, tapi karena biasa latihan toastmaster jadi PD banget sampe bisa ngomong di atas podium. bener-bener di atas podium (¯―¯٥)

saya belum tau juga sih persisnya kegiatannya seperti apa, tapi katanya nanti dibagi tim. ada yang jadi pembicara, ada yang ngitungin waktu (karena nanti dibatasin, kalo lebih atau kurang waktu presentasinya, pembicara di diskualifikasi), ada yang jadi audit untuk kata-kata yang ga baku, dan ada yang tugasnya ngitungin berapa kali si pembicara bilang “mmm” karena bingung atau lupa kata selanjutnya (yang akan jadi tugas saya besok :p). denger-denger selalu ada peserta yang bakal dipilih secara acak untuk presentasi yang temanya dikasih mendadak (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)

aahhhh… pokonya kita liat apa yang akan terjadi sesok ya.

wish me luck!!

Advertisements

4 thoughts on “toastmaster???

  1. Pingback: if you can talk, you can write :) | windamaki's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s