bermain dengan soundcloud

SoundCloud

apa sih judulnya ga ngerti .__. biarin deh~

JADI.. ceritanya tahun lalu ketika saya blogwalking, saya membaca ada postingan dari seorang blogger yang mengajak kita semua, termasuk si kamu yang ga sengaja baca blog saya untuk menjadi relawan baca. Apa sih relawan baca itu?? monggo baca di sini. Kalau males nge-klik, pada intinya relawan baca itu program yang diadakan untuk membuat audio book bagi teman-teman kita yang menyandang tunanetra :). Kita bisa merekam suara kita yang sedang membaca buku lalu hasilnya diunggah ke situs 4shared atau soundcloud. Aaaa pasti yang ngadain program itu orangnya pinter banget deh, soalnya Allah kan berjanji akan menambahkan ilmu terhadap orang yang mau berbuat baik (QS Yusuf: 22) ^__^ *salahsatu ayat favorit*

CERITA lainnya adalah secara “kebetulan” saya menemukan link –> ini. Link tersebut berisi rekaman musikalisasi puisi yang diunggah di soundcloud. Sebuah puisi kolaborasi berjudul “Tatap Mata dalam Maya“. Walaupun saya bukan manusia penikmat puisi, tapi rasanya suka aja denger suara orang ngomong tapi pake backsound gitu, rasanya jadi pengen bikin juga ^_____^.

NAH! Sebagai orang yang rumahnya di pedaleman dan dunianya jauh banget dari musik, saya ga ngerti banget gimana cara mix suara kita dengan backsound. Tapi pengen bisa, gimana dong .__. . Kalau pake mac, bisa main-main dengan garageband, tapi saya kan ga pake .__. Kalau pake mac yang di kantor takut nanti logo apelnya tiba-tiba jadi logo jeruk (baca : takut rusaak).

Setelah cari-cari ke beberapa sumber, akhirnya saya nemu caranya di situs ini. Tulisan seorang blogger baik hati tentang cara untuk edit musik, mixing, cut bagian yang ga penting, gedein suara, de el el. Walaupun tutorialnya udah ada di postingan blog tersebut, karena saya ga ngerti jadi pas nyoba buat pertama kali, proses ngutakngatiknya memakan waktu yang lumayan lama :s. Tapiii setelah berpusing-pusing ria….. akhirnya saya berhasil bikin rekaman suara yang menggunakan backsound! Mission accomplished! \(^____^)/. Langsung coba bikin mini audio book dari novel best seller karangan a.fuadi yang berjudul ranah 3 warna. Saya ambil cerita dari suratnya Baso si penggila belajar untuk Alif :

“Alif, bagiku belajar adalah segalanya.
Ini perintah Tuhan, perintah Rasul, perintah kemanusiaan.
Bayangkan, kata-kata pertama wahyu yang diterima Rasulullah itu adalah Iqra.
Bacalah.
Itu artinya juga belajar.
Makanya, aku akan terus mempraktikkan ajaran Rasul itu,
bahwa kita perlu belajar dari buaian sampai liang lahat.
Mungkin kamu bingung dengan kegilaanku belajar, percayalah, tidak hanya aku yang gila.
Ribuan tahun yang lalu, sekarang, dan di masa depan akan terus ada orang yang gila ilmu.”

Rekamannya ga sampai satu menit, sudah saya unggah di soundcloud dan bisa didengarkan di sini –> https://soundcloud.com/windamaki/iqro ^___^ (masih ga ngerti ngedit-ngeditnya jadi suaranya kegedean dan ga bersih :P). Sebenernya bikin beginian untuk memotivasi saya sendiri supaya terus-terusan mencari ilmu, sekalian juga latihan untuk membuat audiobook versi serius yang beneran bisa digunakan dimanfaatkan untuk penyandang tunanetra (aakk pengeen. mohon didoakaaan). Satu lagi puisi Mata Waktu – Joko Pinurbo, yang bisa didengerin di sini –> https://soundcloud.com/windamaki/mata-waktu, mau denger versi suami saya? klik di sini –> https://soundcloud.com/heriskan/mata-waktu-x-untitled_180_sekian

Saya ga buat tutorialnya lagi karena menurut saya sudah cukup jelas dijabarkan di blog mbak yang satu ini. Saya cuma bisa kasih referensi buat backsound yang saya gunakan di soundcloud, kata orang sih jangan menggunakan backsound dari lagu yang yang lagi ngehits, soalnya nanti ga konsen sama isi rekaman suaranya, malahan ikut nyanyiin lagu yang dipake buat backsound ^__^. Di account soundcloud saya, saya menggunakan musik orkestra S.E.N.S. dari Jepang, suka banget ^___^. Cocok buat audio book atau puisi bertema sedih atau miris-miris. Hahaha. Kalau mau yang agak ceria dan terkenal mungkin bisa download alunan petikan gitarnya Sungha Jung :))

Untuk yang ga sengaja ngeklik atau kebetulan baca blog saya, atau memang stalker ajah (haha) ayo bikin yuk audio book ^___^ Tinggalkan banyak jejak di bumi dengan karya 🙂 Ga perlu cari buku yang susah-susah, baca Al-Qur’an atau terjemahan Al-Qur’an juga bisa kan,manfaatnya jelas banget kalau itu sih ^__^. Atau mau bikin puisi kolaborasi dengan saya aja? hahaha.

Aaa waktu sudah menunjukkan pukul 01.17 pagi 🙂 Selamat pagi windamaki ^__^

Advertisements

19 thoughts on “bermain dengan soundcloud

  1. saya juga pernah buat musikalilasi puisi di soundcloud, tanggapan dari beberapa yang udah denger lumayan sih. Tapi, lagi-lagi malas melanda pemirsah.

    Dan saya baru tahu manfaat lain yang luar biasa dari soundcloud (dalam audiobook), membantu teman-teman yang membutuhkan.

    Ini beneran keren (ndengerin soundcloundnya Maki) *_*

  2. Pingback: Komunikasi Dalam Rumah Tangga | windamaki's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s