(cerita lanjutan) pengalaman menjadi teller & customer service *lagi*

selamat pagi!!! (^___^)9

semoga postingan kali ini pembacanya akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai kehidupan teller dan customer service di bank.

yap, karena saya -si windamaki- ga pernah ngeblog lagi tapi rajin banget ngeklik “my stats”, saya jadi tau bahwa kebanyakan calon-calon banker itu pengen tau kehidupan apa yang dialami oleh teller dan cs x)).

stats

(ga pernah ngeblog lagi tapi masih ada yang mau yang ngeklik postingan lama saya tentang pengalaman teller dan cs  :p )

NAH! berhubung saya udah ga kerja di bank tapi sekarang kerjaannya datengin bank-bank mulu (sebagai nasabah super aktif) saya jadi bisa melihat keanehan-keanehan yang terjadi di bank dengan kacamata seorang mantan banker, alias mata-mata B). Sebenarnya bukan maksud nyari kesalahan sih xD. Hal-hal yang saya jabarkan nanti pun sejujurnya sering saya lakukan ketika saya menjadi teller dan cs dulu, tapi berhubung sekarang jabatannya menjadi nasabah yang sering mengunjungi bank, berikut beberapa yang perlu si calon banker ingat dan ketahui apa yang ada di dalam hati nasabah mantan pegawai bank seperti saya sekarang :p….

1. Perhatikan waktu antrian dan waktu transaksi. Ini gawat banget, nasabah lain mungkin ketika menunggu antrian/transaksi cuma bisa ngedumel, “lama amat sih!” (sebenernya gawat juga sih kalau mereka nulisnya di social media, apalagi nulis nama teller atau nama csnya karena nama cs teller bisa terlihat di name desk xD). NAH! kalau kita lagi ga hoki, bisa jadi nasabah kita adalah seorang banker atau mistery shopper, mereka tau persis berapa menit seharusnya mereka menunggu dalam kategori wajar sampai kategori keterlaluan xD. Jadi sering-seringlah latihan meghitung gepokan uang 100 lembar menggunakan 2,3, atau 4 jari di rumah :p, sering-sering juga role play / simulasi / bermain peran dengan teman sendiri, berpura-pura jadi nasabah dan hitung berapa waktu pelayanan yang diperlukan untuk setiap transaksi.

2. Tanya dan sebutkan nama nasabah. Bukan berarti saya kepengen banget ditanya namanya yah xD, walaupun SOP tiap bank pasti berbeda, menanyakan dan menyebutkan nama nasabah pasti menjadi salah satu syarat untuk memenuhi SOP. Setelah berpuluh-puluh kali melakukan transaksi di bank sebagai nasabah, saya tau banget nama saya jarang ditanya dan jarang disebutkan ulang… di situ kadang saya merasa sedih (  ._____.).. Di bank tersayang tempat saya bekerja dulu, kami diharuskan menanyakan nama nasabah dan kemudian menyebutkannya kembali 3 kali secara berkala, pada saat awal, ketika transaksi, dan selesai transaksi. Biar nasabahnya ngerasa anget aja gitu dipanggil namanya (anget??). Kadang ketika transaksi saya dipanggil mbak atau ADEK… HAAHHH.. ADEEKKKK?? usia saya sudah 25 dan sudah menikah masih juga dipanggil adek, aakkkk!! Di tempat lama pun saya hanya boleh memanggil nasabah dengan sebutan IBU / BAPAK (toh nasabah pasti sudah memiliki ktp kan), dilarang memanggil mbak, mas, tante, apalagi adek -___-

3. Tata krama bahasa tubuh. Sekali lagi, peraturan di setiap bank berbeda-beda, ada yang menunjuk formulir harus mengunakan pulpen, ada juga yang pake jempol, yang pasti sih turutin aja aturannya x)). Hal yang terpenting adalaahhh,,, kalau kita memberikan apapun ke nasabah, bisa itu buku tabungan, slip, souvenir, atau apapun, kita harus selalu gunakan dua tangan, jangan cuma satuuu… Posisinya kaya yang ngasih tahta aja gitu, muka pun menghadap nasabah. Saya suatu kali pernah ngeprint buku tabungan, bankernya mengembalikan buku dengan satu tangan, sambil duduk, muka ngeliat layar, dan ga bilang apa-apa. Ya gapapa sih kalau saya memang gatau aturan bank, tapi masalahnya kan saya tauuu (gimana dongg) jadi ketauan deh sebenernya ga boleh kaya gitu x))). Namanya juga bank yah, walaupun emang nasabahnya yang ngerepotin kita, kita harus tetep wajib kudu bilang terima kasih kepada nasabah jika telah selesai melakukan transaksi, jangan lupa ya! 😀

4. Bantu nasabah. Sederhana banget, tapi memang ini tugas seorang frontliner ^__^. Dalem hati kita beneran harus tertanam bahwa si nasabah memang memerlukan bantuan kita, jangan cuma mikirin pengen transaksi cepet selesai (padahal saya dulu kerjaannya pengen buru-buru beres dan paling seneng kalau ga ada nasabah :p jangan ditiru!). Pernah saya mengalami dua kali kasus dioper-oper sama banker. Ngantri beberapa jam di cs, pas udah dipanggil katanya kita disuruh nelpon call centernya aja karena di cs ga bisa dan transaksi pun langsung diakhiri, tapi pas nelpon call center, katanya transaksi tersebut hanya bisa dilakukan langsung di bank dengan cs x))). Saya pernah loh dulu goper juga ke call center, tapi baru sekarang ngalamin rasanya ga enak dioper-oper, hahhhahhaaaaaa… Pokonya selagi kita menjadi front liner, jangan buru-buru bilang ga bisa ini, ga bisa itu, bantu dulu semaksimal yang kita bisa. Caranya? Pelajarin deh semua produk dan sistem di bank kita, dan kitalah yang membantu menghubungi call center, bukannya nasabahnya yang diusir dan suruh nelp sendiri x)). Posisikan diri kita sebagai nasabah yang pengennya tau beres ajah :p. Jangan sampai ketauan nasabah bahwa ada hal yang kita ga tau, harus pinter akting! Beberapa waktu yang lalu saya menanyakan cara transaksi BPJS ke cs yang memang di bank itu melayani pembayaran BPJS, lalu csnya bilang tidak tahu karena belum pernah. waduh! x)))) masa perlu saya yang caritau di google dan ngasihtau caranya ke cs itu x)))

5. Berbuat Baik. Daripada kebanyakan nyerocos dan kebanyakan mencurahkan perasaan sebagai nasabah mata-mata, lebih baik saya ngasitau poin terpenting yang paling pamungkas yang perlu kita ketahui buat kita-kita si frontliner, yaituuu… berbuat baik!! Pengalaman saya dulu, front liner itu pasti tiap hari berkolaborasi erat dengan sekuriti, office boy, dan nasabah. NAAAHHHHHHH… jaga banget hubungan kita dengan mereka semua, misalnya dengan bapak sekuriti yang berbaik hati bukain kita pintu ketika kita masuk atau keluar bank, penting banget buat kita untuk bilang makasih, nyebut nama, ngobrol, beliin makanan sesekali (tau kan jam kerja mereka panjaaaang banget dan mereka ga boleh duduk!). Kita juga sering banget ngerepotin temen kita yang jabatannya office boy, bisa itu minta tolong fotocopy ini itu, minta beliin makanan (karena kita yang frontliner ini sebenernya ga boleh keluar bank selama jam operasi masih berlangsung, jadi mau gamau nitip OB kalau lagi ga bawa bekel), atau minta tolong apapun. pokonya kita harus tau diri, ramah-ramah-ramah, bener-bener berterima kasih, de el el deh. jangan semena-mena ih! x)). Pada dasarnya emang harus baik sama semua orang sih, tapi kadang kita suka lupa sama orang-orang terdekat yang bantu kita, sopannya sama nasabah aja, tapi sama sekeliling sendiri suka jahat. Jangan gitu ah! x))

Audzubillahiminasyaitonirojim. Bismillahirohmanirohim. Surat Yusuf ayat 22.

“Dan tatkala dia cukup dewasa, Kami berikan kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” 

Nyari tau tentang pengalaman jadi teller dan csberarti memang niat pengen tau ilmu dan pengen belajar mengenai dunia mereka toh? 😀 Berbuat baik dulu kata Allah jugaa, setelah itu kita akan mendapatkan hikmah dan ilmu ^____^.

Semangaaat 😀

57 thoughts on “(cerita lanjutan) pengalaman menjadi teller & customer service *lagi*

  1. Pingback: pengalaman menjadi teller dan customer service (^_^)/ | windamaki's blog

  2. terimakasih bnyak Kak atas sarannyaaa. kbetulan saya lg ikut recruitment suatu Bank dgn jabatan Teller. semoga informasinya bermanfaat.

  3. Teteh winda infonya bagus, saya sudah baca 2 tulisan teteh.

    Teh mau tanya memang waktu yg masih kategori normal untuk melayani nasabah berapa menit teh?
    masing2 untuk teller dan cs?
    apakah kalau masih pegawai baru akan kena teguran kalau lambat dalam melayani?

    Balasan teteh sangat ditunggu 🙂

    • setiap transaksi beda-beda. biasanya kalau transaksi lebih dari 5 juta waktu untuk melayani nasabah jadi lebih lama sedikit gapapa. untuk pegawai baru biasanya ga akan ditegur temen kantor kita karena mereka juga ngerti, tapi ditegur nasabah kalau lama x))) karena nasabah ga peduli kita anak baru atau bukan. hehhehe. tapi dari sekian ratus nasabah, biasanya yg ga sabar hanya sedikit kok x))) tenang ajaa.. masih banyaaak orang sabar dan baik :p

      • makasih ya teh…
        sedikit tenang.

        teh kalau jadi teller dan cs paling cepat pulang kerja jm berapa teh?
        setelah itu naik jabatan ke apa ya teh?
        sya baru mau gabung. InsyaAllah…

  4. makasih ya teh…
    sedikit tenang.

    teh kalau jadi teller dan cs paling cepat pulang kerja jm berapa teh?
    setelah itu naik jabatan ke apa ya teh?
    sya baru mau gabung. InsyaAllah…

  5. Assalamualaikum , mkasih infonya lumayan buat bekal ! Saya mau tanya donk untuk menjadi pegawai tetap bank itu sulit yah ? Dari jabatan OS butuh berapa lama untuk jadi pegawai tetap ?
    Terima kasih saya tunggu jawabannya

  6. Assalamualaikum mbak. Saya ikut nanya jg nih, saya mau ngelamar di sebagai frontliner tp saya gk tau bank2 yg saya mau lamar lgi buka lowongan posisi tsb atau gk,, klo saya masukin lamaran saya aja langsung dan dititip ke satpam ny, kira2 lamaran saya diterima & dipertimbangkan gk ya? Atau lamaran saya itu dibuang karna blom buka lowongan? Mohon info ny karna saya sdh kirim lamaran beberapa kali di bank2 dgn cara tsb, tp gk pernah dapat panggilan. ;(:(
    terimakasih sebelumnya ya mbak.

    • waalaikumsalam, tergantung HRD setiap perusahaan itu mbak 😀 kalau HRD di tempat saya dulu sih biasanya disimpen dulu. teman saya ada yg sudah setahun melamar baru dipanggil, tapi ada juga yg melamar hari itu langsung keesokannya mengikuti test. setiap orang berbeda-beda 🙂

      • Terimakasih mbak atas informasi ny mbak. Semoga lamaran2 kerja saya dapat tanggapan yg baik dari perusahaan2 tempat saya melamar. oh iya, salam kenal ya mbak,, saya dari jambi 🙂

  7. mba saya bru diangkat jd cs tpi blm smpet pendidikan masih mnunggu jadwal . tpi saya lgsung dsruh terjun melayani nasabah . masing linglung mbak hrus kerja smbil belajar ngliatin rekan cs yg udah mahir alhasil kasian nasabah hehe

    dlu mbak pendidikan dlu apa smpet lgsung dsruh kerja ?

    • sama mbak langsung disuruh kerja juga xD, tapi untungnya pas pertama di teller dulu jadi deket sama teller sebelah kalau mau nanya2 :p. semangaaatt, practice makes perfect :)))

  8. Assalamualaikum..
    Maaf sebelumnya mau nanya jg.hhehe.
    Kesulitan awal hari pertama yg paling dirasaain waktu jd teller itu apa ya mbk? Mulai dri yg kecil sampe yg fatal? Trus di akhir bulan biasanya dapat evaluasi apa aja? Makasih infonya.

  9. oh gitu .yaudah nanya sini aja ya mbak mau curhat hehe

    saya awal tahun ini baru diterima sebagai customer service di bank BR*
    awalnya agak stres mbak,agak kaget karna produknya banyak bgt ,blm dapat pendidikan juga. dan pemakaian aplikasi nya yg awam sekali buat saya .
    cs senior pun jg agak galak orangnya 😦

    saya jg sebentar lg mau menikah ,jd gakbisa fokus karena kepikiran pekerjaan.
    dulu mbak awal2 gimana ?

    • saya juga awal2 ga punya temen banget, apalagi saya satu-satunya teller perempuan, jadi mau deket sama mbak2 cs juga susah xD dan lagi saya ga tau yg namanya make up, jadi kena tegur terus. gapapa sedih2 dikit pas di awal, lama2 juga bisa deket dan bahagia2 aja kok kerja di bank, produk juga lama2 bisa hatam. time will fix everything. semangaaat (*_*)9

      • makasih saranya ya mbak . jadi lebih semangat hehe minta doanya ya mbak biar cepet adaptasi,karna saya ditempatkan di unit kerja yg complicated dan pelanggan nya rame trs 😦
        mbak winda udah jd frontliner berapa lama?

      • waaah kerja mana sekarang mbk winda?
        selamat yaa buat kelahiran dekbayi nyaa
        jadi ibu dan wanita karir ya mbak,nyenengin 🙂

      • di yayasan sosial, tapi sejak hamil statusnya dibekukan dulu kok karena ternyata ada sedikit kelainan, jadi belum kerja lagi, hehhe. mba lala kapan nikahnya? semoga dilancarkan yaa, semoga prosesnya diberikan kemudahan dan semuanya berbahagia 😀

      • ow gitu jadi harus bed rest ya mbak .
        ya gakpapa,nanti kalo sudah kondusif kerja lg kan mbak ?
        saya nikah mei mbak .monggo kalo mau dateng,tp saya di semarang hehe 🙂
        amin amin mbak
        jujur saya capek mbak sm kerja baru di bank ini,mas saya sampe kasian soalnya lokasinya agak jauh jg dari rumah

      • kerja di rumah xD. hahhaha jauh ya. iya mba nasabah banyak memang kadang bikin depresi, tapi pengalaman berharga banget kok kerja di bank 😀 kerasanya malah pas sudah ga di sana

  10. Mbak win ,kalo udh nikah tapi fres graduate cm ada pngalaman kerja spg dan pramuniaga kira2 di trima gak ya jd teller 😦 bnyk lowongan tp ragu sy sby

  11. assalamualaikum ka, saya mau tanya kalo mau bekerja di bank persyaratannya apa saja?? saya berminat bekerja di bank“`

    • waalaikumsalam. rata2 perlu melampirkan ijazah d3/s1 jurusan apa saja boleh, tapi ada juga yg bisa dengan ijazah SMA. untuk syarat lain seperti tinggi/berat badan, pengalaman, skill, dll tidak ada yg spesifik karena teman2 saya pun beragam. ada yg besar, kecil, berpengalaman, fresh graduate, dsb. yg jelas coba lamar dulu aja 🙂 tipsnya kalau perempuan sebaiknya menggunakan high heels pada saat interview.

      • Maaf, kalau boleh tanya lagi. Lama ikatan dinas (on job training) umumnya berapa lama kalau di bank syariah? Apakah ikatan dinas itu juga termasuk disekolahkan lagi? Terima kasih! 🙂

      • kalau saya di muamalat dulu diangkat jadi pegawai kontrak dulu satu tahun dan diberi pelatihan perbankan, setelah itu ada tes lagi untuk jadi pegawai tetap. katanya sih awalnya ojt dulu 3bulan,tapi toh dari awal langsung harus tandatangan kontrak untuk kerja satu tahun.

  12. Assalammualaikum Wr. Wb. Mbak Winda. Terima kasih tulisannya banyak memberikan informasi. Semoga menjadi amalan yang baik. Amin. Mbk Winda, saya curhat ni. Sebulan lagi saya mau ikut lamar di bank dan sebagai persiapannya saya baca-baca tesnya, eh setelah membaca kayaknya ribet mbak. Apakah iya tesnya ribet, mbak? Terima kasih mbak Winda.

  13. Assalamualaikum kk winda Makasih bget loh ka udh mau share Pengalaman kk , aku smangkin termotivasi untuk kerja di perbankan , doa’n yah ka smogah cpet lulus dan langsung ngelamar di perbankan hehehehe.

  14. Mbak mau nanya
    Kalau jadi teller atau cs
    Kalau sudah menikah harus berhenti kerja dibank ya mbak?
    Kalau bagian dalem kalau nikah selesai kerja ?

  15. Assalamualaikum mbak sy mau tanya, kalo kerja di bank itu khususnya frontliner tinggi badan bener2 harus sesuai kriteria? atau mungkin ada posisi lain di bank yg tdk mensyaratkan tinggi badan, itu posisi apa saja ya mbak?

    • waalaikumsalam, tiap bank berbeda mbak, ada yang harus sesuai dan ada yang tidak. Tetapi karena meja teller di kantor saya dulu memang sangat tinggi, jadi biasanya dipilih yang agak tinggi agar bisa menyesuaikan.

  16. Assalam, mbak mau tanya apa di muamalat itu yg lulusan d3 bisa daftar jd pegawai tetapnya?
    Dan apa alasan mbaknya kok bs resign dr muamalat mbak? Syukron..

    • waalaikumsalam. bisa, saya juga d3 kok mbak :D. karena memang ga begitu berminat sama dunia perbankan, plus ada tawaran pekerjaan di bidang yang sama sekali lain. hehhe

  17. Kak mau nanya kan lagi ada buka lowongan di bank muamalat bisa buat yang smk tuh, itu ntar kalo yang belum ada pengalaman nanti gmn ya misal nih ada panggilan itu ada tes dulu kn baru kalo kerja itu kita belum ngerti banget itu gmna jadinya ya kak wkwk

    • gapapa awal2 pasti memang kita ga ngerti banget mbak kalau belum punya pengalaman. saya juga dulu bener2 ga paham sama dunia perbankan, hehhe. tapi karena tiap hari harus disana ya lama2 pasti bisa ngerti juga karena terbiasa ^^

  18. Mba saya mau, saya ikut program magang cs (nama programnya aja magang tapi sebenarnya bukan magang seperti anak kuliah atau sekolah lebih tepatnya sblm jadi karyawan tetap) di salah satu bank swasta, 3 bulan pertama saya hanya di suruh teori, tapi 1 bulan terakhir saya terjun langsung jadi cs, kalo saya melakukan kesalahan itu tanggung jawab saya sendiri, atau Masih di backup ? Makasih mba.

    • kalau kita melakukan kesalahan pasti ada bagian lain yang bantu mbak sampai masalahnya selesai, tapi tetep kita yg tanggung jawab memberi pengertian ke nasabahnya ^_^

Leave a Reply

