show your work!

Tulisan ini berawal dari kewajiban saya untuk membuat resensi buku setiap bulan di tempat bekerja saya yang sekarang. Penulis semena-mena seperti saya yang sampai saat ini belum juga mempelajari struktur, tata bahasa, dan cara menulis yang “semestinya” kini dipaksa untuk memperbaiki diri dengan membuat jenis tulisan yang agak lebih serius. Sebenarnya tulisan ini hanya perlu dikirimkan kepada satu orang penanggungjawab divisi perpustakaan tanpa perlu saya publikasikan, tetapi karena saya masih menganut pola “dibuang sayang”, maka dengan muka tembok dan skill yang masih perlu di asah akhirnya tulisan ini berhasil masuk blog windamaki.wordpress.com . Selamat atas keberanianmu Winda! Show your work!! xD

9780761178972

Judul Buku : Show Your Work! 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered

Penulis : Austin Kleon

Jumlah Hal. : 65 Halaman (e-book)

Resensi oleh : Winda Lestari

Tanggal : 13 Februari 2015

“Jika anda tidak latihan apa yang sudah dipelajari, Anda lupa 25% dalam 6 jam / 33% dalam 24 jam / 90% dalam 6 bulan berikutnya,” berikut kalimat yang tertulis dalam akun social media twitter @FaktaGoogle. Kalimat tersebut membuat saya terdiam dan teringat mengenai sudah banyak buku yang saya baca namun terlewati begitu saja, tanpa ditulis kembali dan tanpa dipraktikkan. Buku Show Your Work! tulisan seorang ayah muda bernama Austin Kleon menggugah saya untuk menuliskan kembali mengenai ilmu baru yang ada di dalam buku tersebut, dan seperti yang beliau ucapkan, “show your work!,” buktikan karyamu dengan menunjukkannya kepada orang lain.

Kita bisa berbagi banyak dengan orang lain tanpa perlu memendamnya sendiri. Berawal dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari orang-orang seperti, “How di I get my stuff out there? How do I get noticed? How do I find an audience? How did you do it?” Austin Kleon hanya menjawab, “In order to be found, you have to be findable.” Buku ini dapat diterapkan untuk siapapun dan untuk kepentingan apapun, seperti pengenalan suatu produk, karya, kegiatan berbisnis, kegiatan sosial, atau apapun yang memiliki keinginan untuk “dilihat oleh orang lain atau ditemukan”.

Berbeda dari buku tulisan Austin Kleon sebelumnya yaitu Steal Like an Artist yang berisi mencuri ide dari orang lain, buku Show your Work! berisi bagaimana cara mempengaruhi orang lain untuk membiarkan mereka “mencuri” dari kita. Bayangkan jika suatu saat kita keluar dari suatu perusahaan tapi karena kita sering memperlihatkan apa yang kita lakukan di media sosial sehingga orang yang familiar dengan pekerjaan kita bisa membantu kita mencari pekerjaan baru yang cocok, bayangkan suatu perusahaan tidak perlu melihat cv atau surat lamaran kerja kita karena sudah bisa melihatnya di blog atau social media. All you have to do is show your work.

Share something small everyday, be an amateur, become a documentarian of what do you do. Tidak perlu menunjukan bahwa kita sudah jenius di bagian yang sudah kita geluti. Perlihatkanlah proses, bukan hasil. Orang lain suka membaca mengenai proses apa saja yang sudah kita lalui untuk mencapai sesuatu, seperti kesalahan-kesalahan dan kekonyolan yang sudah kita lalui semasa menjalani proses. Tahun 2013, dunia internet jatuh cinta terhadap seorang astronot Chris Hadfield, kolonel stasiun ruang angkasa internasional. Beliau menginginkan jalan untuk membantu orang-orang terhubung dan melihat kehidupan yang dijalani oleh seorang astronot. Commander Hadfield wanted to show his work. Dia mengambil gambar yang dia ambil di ruang angkasa, menggunting kuku dan menyikat gigi di ruang angkasa, menunjukan perawatan pesawat ruang angkasa, dan lain-lain. Beliau sangat disukai dan dicintai, orang-orang mengikuti apa saja yang dia lakukan. Kita memang bukan astronot, tetapi kita bisa membantu orang lain jika kita berbagi tentang keseharian pekerjaan apa saja yang kita lakukan.

Buku ini menarik untuk dibaca, mengajarkan kita arti berbagi, berbagi dan terus berbagi. Semakin banyak yang kita beri, semakin banyak pula ilmu yang kita dapat. Show your work, tell your story.

Advertisements

One thought on “show your work!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s