Bogor di Bawah Terik Sinar Matahari

Kota hujan yang saat ini sedang mengalami kemarau panjang, dimanfaatkan dengan senang hati oleh warga Bogor untuk beraktivitas di luar ruangan. Hanya dua tempat yang menjadi arahan saya sebagai ruang publik masyarakat sebagai tempat untuk bersosialisasi dan berekspresi di Bogor, yaitu GOR (Gelanggang Olaharaga dan Remaja) dan Sempur. Kenapa saya hanya memilih dua tempat ini? Tempat ini sangat dekat dengan pusat kota dan beruntung untuk memasuki kawasannya tidak memerlukan biaya sedikit pun! 😀

Gelanggang Olahraga dan Remaja Kota Bogor (GOR) atau GOR Pajajaran

IMG_4164_wm

Seperti namanya, tempat ini ditujukan untuk melakukan aktivitas bagi orang-orang yang menganggap dirinya remaja :D. Tidak usah heran mengapa banyak yang menyebutnya GOR Pajajaran padahal lokasi GOR terletak di Jalan Pemuda. Salah satu fasilitas di GOR lah yang membuat nama panggilan GOR Pajajaran memulai sejarahnya, yaitu Stadion Pajajaran Bogor. Stadion Pajajaran Bogor pada masa berjayanya pernah dipergunakan oleh klub sepakbola anggota Galatama (kini menjadi Liga Super Indonesia), yang menjadikan tempat ini pernah menjadi tempat yang sangat digemari masyarakat kota. Ketika memasuki GOR kita akan disambut oleh Gedung Pemuda yang berupa lapangan dan panggung terbuka yang cukup luas, terkadang tempat ini dijadikan untuk tempat konser maupun tempat berlatih marching band atau bela diri. Jika kita malas untuk mengeluarkan keringat tetapi sinar matahari sudah berada di ujung pelupuk mata, kita bisa memilih untuk berenang di Kolam Renang Umum Mila Kencana yang lokasinya tidak jauh dari pintu utama. Lapangan tenis dan gedung pertemuan pun disediakan dan terletak di lokasi yang dekat dengan kolam renang. GOR tidak hanya ditujukan untuk pemuda yang suka beraktivitas gerak, para kutu buku pun bisa memuaskan hasrat membacanya dengan menggunakan fasilitas Perpustakaan Daerah Kota Bogor yang tersedia di dekat Gedung Pemuda :).

IMG_4168_wm

IMG_4170_wm

Bagian belakang arena GOR dapat digunakan untuk berlatih sepakbola di lapangan luas terbuka, di sana juga terdapat lapangan basket yang terpisah di dalam gedung. Rasanya hampir tidak mungkin pemuda di Kota Bogor tidak pernah memanfaatkan GOR untuk beraktivitas, teringat pada saat sekolah dulu pun saya sering menggunakannya untuk aktivitas olah raga maupun hanya sekedar menonton pentas seni yang sering diselenggarakan di sana. Beruntung kota ini memiliki tempat beraktivitas yang luas dan lengkap untuk menunjang kreativitas para pemuda yang memiliki banyak energi :).

IMG_4205_wm

IMG_4180_wm

Car Free Day SEMPUR dan Jalak Harupat

https%3A%2F%2F36.media.tumblr.com%2Fdcad94005c809ba03385a08064c188a2%2Ftumblr_nmpqosS5dz1tbjmcbo3_12

Selamat datang dan berjejal-jejalan di kawasan Sempur! 😀 Setiap hari Minggu dimulai dari pukul 06.00-09.00 wilayah Sempur dan Jalan Jalak Harupat diadakan car free day yang memang ditujukan sebagai kawasan tanpa asap. Kendaraan bermotor dan orang yang merokok dilarang untuk berada di kawasan car free day, hal ini sungguh membuat saya pribadi menjadi bahagia tentunya jika orang-orang di sana taat akan peraturan yang ada :D.

https%3A%2F%2F41.media.tumblr.com%2F98e39c109ad435789fbcdfaa6c76c10d%2Ftumblr_nmpqosS5dz1tbjmcbo2_12

Berbeda dengan GOR, area Sempur dan Jalan Jalak Harupat pada saat car free day memang dirasa terlalu padat untuk melakukan aktivitas olah raga karena membludaknya warga Bogor yang berkunjung ke sana. Maka karena itu memang biasanya orang-orang sudah berjalan kaki atau bersepeda dari rumah dan car free day Sempur hanya sebagai tempat untuk pemberhentian sekaligus tempat mencuci mata dengan melihat berbagai komunitas yang melakukan kegiatan di sini.

https%3A%2F%2F36.media.tumblr.com%2F7d13864d62edab9e9a509894acfd3af5%2Ftumblr_nmpqosS5dz1tbjmcbo4_12

Memasuki area utama sempur, kita dapat melihat komunitas yang sedang unjuk gigi, yang paling menarik perhatian adalah aktivitas skate board dan panjat tebing karena memang sudah tersedia tempat khusus untuk melakukan aktivitas tersebut. Tempat untuk bermain skate board bisa digunakan secara bebas pada hari-hari biasa, namun melakukannya pada saat car free day menjadi lebih istimewa karena banyaknya mata yang melihat dan pujian yang terlontar dari penonton ketika melihat luncuran yang penuh teknik berbahaya :D. Fasilitas untuk kegiatan panjat tebing pun tersedia tepat di sebelah arena skate board. Hanya dengan mengeluarkan uang sepuluh ribu rupiah saja kita dapat mencoba memanjat satu kali dan merasakan dorongan adrenalin yang mencekam karena perasaan takut akan ketinggian dan kengerian akan jatuh yang bercampur aduk. Tetapi tenang saja, alat pengaman untuk memanjat dan pelatih pun selalu ada di area panjat tebing ini dan memastikan kita dalam kondisi yang aman ketika memanjat atau terjatuh.

IMG_4144_wm

Selain panjat tebing dan skate board, banyak komunitas lain yang melakukan aktivitas di Sempur. Contohnya seperti komunitas Rocket Blade (dari roller blade), sepeda, sepak bola, badminton, para mahasiswa yang mempromosikan suatu kegiatan, bahkan komunitas pemilik hewan-hewan liar seperti ular-ular besar dan musang pun tidak jarang berkumpul disana sambil membawa peliharaannya. Jika mau berolahraga lebih jauh sedikit pun kita bisa mengunjungi Istana Bogor sambil melihat rusa-rusa dari balik pagar yang sepertinya sudah sangat terbiasa dengan manusia sehingga tidak takut ketika disentuh dan diberi makan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kota ini. Jadi, sudah menyiapkan kapan waktu untuk berkunjung ke Bogor? 😀

    baca juga postingan sebelumnya tentang ikon Kota Bogor di sini ^_^

Advertisements

One thought on “Bogor di Bawah Terik Sinar Matahari

  1. Pingback: Kuliner Khas Bogor yang Murah Meriah | windamaki's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s