Kuliner Khas Bogor yang Murah Meriah

Wilujeng sumping di Kota Bogor! 😀 Kurang lengkap rasanya jika sudah mengenal ikon, ruang publik, dan pasar di Kota Bogor tetapi belum mengetahui makanan khas dari kota hujan tercinta ini. Hari ini kita akan membahas makanan unik khas Bogor yang cocok dimakan pada saat cuaca dingin karena dapat membuat keringat kita bercucuran. 😀 Dua makanan khas ini kebetulan merupakan favorit saya dan suami, bisa dibilang cukup gampang ditemukan di setiap sudut kota Bogor dan rata-rata harganya pun tidak membuat dompet merintih xD. Yuk, dibaca ulasannya dan jangan lupa jika berkunjung ke Bogor tidak usah ragu untuk mencoba makanan-makanan ini ya!

IMG_4520_wm

Salah Satu Kedai Soto Mie Bogor – Makuta Rasa

Seperti namanya, hidangan soto mie yang menjadi salah satu keunikan kuliner Indonesia yang populer memang berasal dari Kota Bogor. Berbeda dengan soto lainnya, hidangan soto mie Bogor memiliki bahan-bahan pendukung yang cukup banyak dan memiliki porsi yang besar. Mie telur dan kroket yang ditambahkan pada soto ini lah yang turut mendukung keunikan dari kuliner yang banyak dicari oleh turis yang khusus datang ke Bogor.

soto windamaki

Soto Mie Bogor yang menggugah selera

Bahan makanan untuk pembuatan soto mie cukup banyak, diantaranya adalah  daging sapi, kroket, kikil, mie telur, kol, tomat, dan bahan-bahan pendukung serta bumbu halus khas Indonesia. Kuah kaldu kental yang digunakan sangat istimewa karena merupakan kaldu asli dari hasil rebusan daging dan kikil yang digunakan sebagai pelengkap masakan. Rasa hangat yang melewati tenggorokan ketika memakannya diselingi oleh mie telur yang telah menyerap seluruh kaldu daging yang berlemak, tidak lupa campuran potongan daging sapi dan irisan tomat yang berair melengkapi kemewahan masakan ini. Tidak perlu sering-sering minum ditengah kita menikmati soto mie yang kaya akan rasa ini karena dagingnya pun kenyal dan mudah untuk ditelan. Cukup dengan uang Rp 12.000 saja kita sudah dapat menikmati hidangan mengenyangkan yang lezat ini. 😀

IMG_4502_wm

Penjaja Toge Goreng di Bogor

Berbeda dengan soto mie yang berkuah lemak dan gurih, toge goreng menawarkan cita rasa lain yaitu rasa manis dan sedikit asam yang khas. Toge goreng yang juga sudah banyak dijajakan di kota-kota lain sebenarnya merupakan salah satu kuliner asli dari Kota Bogor. Penyajian toge goreng dibalut dengan daun patat yang dililit dengan lidi memang sangat mengundang perhatian, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang mengunjungi kota ini :D.

IMG_4584_wm

Toge Goreng Bogor berbalut daun patat

Memiliki nama “Toge Goreng” tidak menjadikan toge yang disajikan dimasak dengan cara digoreng. Toge goreng Bogor yang sebenarnya sama sekali tidak menggunakan minyak pada saat pengolahannya mengandung bahan-bahan makanan yang sederhana. Tauge, tahu, ketupat, mie kuning yang direbus kemudian dicampurkan dengan olahan kuah oncom kecap dan tauco ini merupakan bahan lengkap dan cara pembuatan toge goreng yang bisa dikategorikan makanan sehat ini. Bunyi kres-kres-kres renyah dari toge yang direbus matang dan kuah manis asam yang khas menyelimuti lidah dalam mulut dengan sempurna, membuat tangan tidak berhenti bergerak menyuapkannya ke dalam mulut :D. Cairan kuah oncom dan tauco mengikat mie kuning dan toge dengan sangat pas dan aroma yang dikeluarkan menggugah selera makan bagi siapapun yang menciumnya. Pembuatannya toge goreng  cukup mudah, namun memang kurang pas rasanya jika tidak dinikmati langsung di kota Bogor sambil menikmati seluruh keindahan yang ditawarkan di sini :D. Uang Rp 9000 saja sudah cukup untuk menikmati satu porsi salah satu makanan kebanggaan Kota Bogor ini.

Nah, semakin tidak sabar untuk mengunjungi Bogor, kan? Jangan lupa bawa payung dan perut yang kosong ya ^__^

Advertisements

10 thoughts on “Kuliner Khas Bogor yang Murah Meriah

  1. Pingback: Wisatawan Cinta Bogor | windamaki's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s