Kesulitan Berbuat Baik

13695049_10207900951135717_1591865455_n

Hampir setiap hari saya menyempatkan diri untuk menulis dengan bantuan timer pomodoro, yaitu aplikasi yang jika diaktifkan akan memaksa kita untuk fokus melakukan kegiatan selama 25 menit. Tulisan yang dituangkan biasanya tanpa melalui proses perencanaan, saya mempersilakan jari dan hati saya untuk mendeskripsikan apa yang tersimpan di dalam untuk kemudian saya dengarkan.

Pagi ini tiba-tiba saya menulis nama seluruh anggota keluarga inti dan memikirkan perbuatan baik apa yang bisa saya berikan untuk mereka. Sulit. Ternyata sangat sulit. Lebih mudah menyusun daftar berbuat baik kepada orang lain daripada keluarga terdekat. Mungkin menjadi sulit karena berbuat baik adalah berbuat lebih, bukan sekadar melakukan kewajiban, yang saya akui untuk melakukan yang wajib pun sering tidak maksimal.

Agar bisa berada di posisi berbuat baik, kita perlu melangkah mundur ke belakang, yaitu ke pertanyaan mengenai apa saja yang mereka sukai. Hmm? Apa saja ya yang mereka sukai? Oh, ternyata perlu mundur lagi sampai beberapa kali, yang membuat saya sadar bahwa selama ini saya hanya mengenal dengan sekilas mata dan tidak dengan hati. “Satu dinar kamu dermakan dalam perjuangan fi sabilillah dan satu dinar kamu pergunakan untuk memerdekakan budak sahaya dan satu dinar kamu belanjakan untuk keluargamu yang terbesar adalah yang kamu belanjakan untuk keluargamu.” HR Muslim

Hadist tersebut mengingatkan bahwa keluarga selayaknya mendapat porsi yang utama, yang sayangnya selama ini menjadi hal yang sering saya abaikan. Semoga kiriman rezeki waktu yang digunakan untuk menuliskan renungan kali ini membuat pendengaran, penglihatan, hati, dan akal saya menjadi lebih peka dan dapat melakukan perubahan ke arah perbaikan.. Aamiin.

Leave a Reply

