5 Alasan Mengapa Ibu Rumah Tangga Perlu Menggunakan E-Money

Credit card

You must gain control over your money or the lack of it will forever control you. –Dave Ramsey

Menjadi ibu rumah tangga sama artinya dengan memiliki tanggung jawab sebagai kasir di rumah. Pencatatan keuangan harian pun perlu dilakukan agar kita bisa melacak pengeluaran apa saja yang penting dan tidak penting. Setelah merasakan sendiri pentingnya pencatatan keuangan di rumah, ternyata saya sangat terbantu dengan kemudahan yang diberikan E-Money. Apa itu E-Money? E-Money atau uang elektronik merupakan alat pembayaran pengganti uang fisik yang menggunakan jaringan komputer dan internet. E-Money dapat dipergunakan untuk segala macam pembayaran dan sangat sulit untuk diretas sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna. Berikut 5 manfaat dari penggunaan E-Money dalam aktivitas sehari-hari.

  1. Sebagai pengganti uang tunai

Dengan E-Money kita tidak perlu repot-repot menghitung lembar uang dan menunggu kembalian pada saat bertransaksi. Selain itu kita pun dapat mengirim uang dengan nominal yang cukup besar hanya dengan menggunakan ATM.

  1. Mengurangi potensi penyebaran penyakit

Uang kertas yang sudah lama beredar di masyarakat bisa jadi sudah terkontaminasi oleh banyak bakteri dan juga virus. Maka penggunaan E-Money bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada menggunakan uang kertas.

  1. Pencatatan keuangan yang akurat

Setiap pembelanjaan yang kita lakukan akan tercatat pada sistem dan rekening. Pencatatan keuangan harian rumah tangga menjadi lebih mudah dengan dibantunya data akurat yang terdapat pada rekening yang kita miliki.

  1. Terhindar dari uang palsu

Ketika berbelanja dengan uang tunai, kita tidak bisa selalu mengecek apakah uang yang kita terima merupakan uang asli atau bukan. Apalagi kita memerlukan alat khusus yang biasa digunakan di bank jika ingin melakukan pengecekan uang agar lebih akurat. Masalah mengenai uang palsu yang meresahkan masyarakat dapat diminimalisir jika kita memilih untuk bertransaksi menggunakan E-Money.

  1. Transaksi menjadi lebih mudah dan cepat

E-Money dapat digunakan untuk transaksi yang nilai kecil. Pembayaran biaya tol, bensin, parkir, dan sebagainya dapat dilakukan dengan hanya menggunakan kartu E-Money.

Demikian beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan E-Money. Saya sendiri menggunakan E-Money setiap hari dalam bertransaksi walaupun nominal yang dikeluarkan kurang dari 50.000 rupiah saja. Transaksi menjadi lebih singkat dan nyaman. Jadi, masih ragu menggunakan E-Money?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s