1

jadi begini ceritanya…. :p

jadi ceritanya 2 tahun lalu saya suka stalking tweetnya @aimi_asi. terus, secara kebetulan yang cantik ada seminar aimi asi gratisan di elos, yeay! ikutan lah saya, sendirian, ya! SENDIRIAN! (biasa aja dong,win!). oya, buat yang gatau aimi, aimi adalah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, gerakan ibu-ibu bapak-bapak (atau non ibu non bapak seperti saya) pendukung ASI yang miris sama keadaan di negara ini yang dirasa kurang pengetahuan mengenai betapa pentingnya ASI dan prihatin mengenai betapa keracunannya kita sama iklan-iklan susu formula yang wow yang berhasil mencuci otak kita .. (lebaynya mulai keluar ~ maap ~~ )

NAHHH…. sesuai sama deklarasi saya di KMIB TDA tanggal 21 desember lalu, saya presentasi tentang cita-cita saya jadi lactation counselor 10 tahun lagi.. walaupun TDA itu tempatnya pengusaha dan presentasi cita-cita saya ga ada nyambung-nyambungnya sama bisnis, saya ga peduliii~~~ hahahaaa.. yang jelas saya memang ngejar kalimat aamiin dari yg dengerin ocehan saya waktu itu 😛

NAHHH LAGII.. demi 1 cm melangkah mendekati cita-cita, barusan saya ikutan seminar aimi asi tentang MPASI (makanan pendamping ASI), lokasinya di bogor baru yang jaraknya tinggal ngedip doang dari rumah saya :P. sebenernya seminar yang ini sama kaya yang dulu saya pernah ikutan di elos, tapi untuk kali ini karena seminarnya di rumah, jadi ada praktek masaknya, yaa.. saya pikir ga ada ruginya lah buat ikutan lagi…

pertama masuk langsung nulis di kertas registrasi.. disuruh nulis nama dan…. nama pasangan -,- #skip #skip #skip #acakacakkertasregistrasi… trus pas saya liat-liat lagi kertasnya, wuiihhh… pesertanya ada yang dateng dari sukabumi, tangerang, depok.. kereennn… oyahhhhhh, tadi pembicara seminarnya itu istrinya bos saya di muamalat, dasar Bogor yah .__.  mmm, karena tadi acaranya agak ngaret jadi ngobrol-ngobrol dulu sama peserta lain.

peserta lain : “usianya berapa?”

saya                : “hah? saya?”

peserta lain : “bukan, babynya.”

saya                : “oh, belum punya”

peserta lain  : “sudah menikah?”

saya                 : “belum”

peserta lain   : “pantes, keliatan.”           #PFFFFTTTTTT

yaaa… mungkin keliatan karena saya terlihat dateng sendirian, pake sepatu kets dan pake tas gendong pula, mungkin jadi keliatan agak kebocah-bocahan… *menghibur diri*

peserta lain juga ada yang sempet nyangka saya perawat karena profile saya ga cocok banget buat hadir di seminar asi, haha..

lanjut………

nah, mari kita review lagi ilmu barusan, takut keburu lupa pas ntar punya anak beneran ~

apa sih MPASI??? mpasi adalah Makanan Pendamping ASI yang diberikan pada bayi ketika usia bayi telah mencapai enam bulan. inget! 6 BULAN. ketika bayi berusia nol sampai akhir lima bulan, bayi cukup diberikan ASI SAJA (bisa disebut asi eksklusif) tanpa perlu tambahan yang lain seperti air putih, madu, pisang, dll. untuk hal ini pada tahun 2002 WHO menyatakan bahwa,

“Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan menunjukkan manfaat
proteksi yang lebih baik terhadap penyakit dan kematian yang
disebabkan oleh infeksi, khususnya infeksi pencernaan
(penyakit diare), dibandingkan pemberian ASI eksklusif selama
4 bulan atau menyusui partial selama 6 bulan”

intinya sih katanya kalo ngasih mpasinya terlalu cepet (kurang dari 6 bulan) bisa beresiko anak cepet sakit, atau bisa kena alergi karena pas umur segitu anak daya cerna untuk menyerap makanannya belum begitu baik. sedangkan kalo kita ngasih MPASInya telat khawatir anak jadi kekurangan nutrisi, karena setelah usia 6 bulan keatas kebutuhan nutrisi untuk anak akan semakin meningkat, asi doang ga cukup.

terus teruss… harus inget kalo masa MPASI adalah masa pengenalan kegiatan makan, jadi kita sebagai orang tua harus ngasih contoh yang baik. misal duduk di meja makan, mengunyah dengan seksama, ga pake acara nonton tv sambil makan, dan jangan pernah mengiming-imingi anak dengan hadiah kalo misalkan anak agak susah makannya. sabar ajaahh, ikhlass ~~ (belum punya anak jadi gatau capenya kalo anak gamau makan :P)

untuk yang masih berpedoman sama 4 sehat 5 sempurna, maaf-maaf aja nihh ~ pedomannya basi. sejak tahun 2002, 4 sehat 5 sempurna udah diganti jadi PUGS alias Pedoman Umum Gizi Seimbang.. yah, boleh diitung sendiri, ilmu basinya udah disimpen berapa lama? 😛

nah ini penampakan piramid PUGS, piramid paling bawah menunjukkan porsi yang harus dimakan paling banyak ke porsi yang paling sedikit (paling atas).. misal kita makan nasi sama sayur, ya pasti banyakan nasinya daripada sayurnya kan?

Image

oya ada 13 pesan penting Pedoman Umum Gizi Seimbang :

1. Makanlah aneka ragam makanan
2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
4. Batasi makanan berlemak dan berminyak sampai seperempat kebutuhan energi
5. Gunakan garam beryodium
6. Makan makanan sumber zat besi
7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai usia 6 bulan dan lanjutkan dengan penambahan makanan pendamping
8. Makan pagi setiap hari (pengikut OCD ga bisa ikutin PUGS :P)
9. Minum air bersih dalam jumlah cukup
10. Lakukan aktifitas fisik secara teratur
11. Hindari minuman beralkohol
12. Makan makanan yang aman bagi kesehatan
13. Bacalah label makanan yang dikemas

eh, perasaan baru nulis bentar tapi udah bosen, gimana nih 😐

pokonya intinya jangan maksain anak kalo anak lagi ogah makan, kreatif dikit lah cara ngasih makannya! *galak*. terus kalo mau anak pola makannya bener (ngikutin PUGS) ya sebagai orangtua harus bener juga, jangan makan oreo secara berlebihan, kalo bisa ga makan deh T_T

untuk kalian emak-emak sebisa mungkin jauhin susu formula dan biskuit-biskuitan buat anak. biskuit tinggal dikucek-kucek sama air panas terus kasih ke anak?? jih?? macammanaaaaaa….

FYI, susu formula di negara maju itu ilegal buat diiklanin di tv atau media cetak. ga dijual bebas dan ga bakalan ditemuin di supermarket. pemakaian susu formula disana pun memang harus pake resep dari dokter (cuma anak-anak dengan kasus-kasus spesial aja yang dikasih), sedangkan disini? dijual bebas, spanduk segede gaban, jd sponsor rumah sakit (gilak banget), iklan di tv juga merajalela. malah berkesan kalo ga ngasih sufor kayaknya emak jahat banget ke anaknya. bikin para emak khawatir ajah nih iklan, makanya mak, jangan kebanyakan nonton tv ~_~ …. aquascum iklan sufor AHA/DHA!! :O *omelan yang hanya saya yang mengerti, hahah*

oyasumi :3

Advertisements
0

musibah atau karunia?

jadi beberapa waktu yang lalu saya diberi uang oleh seseorang lalu diberi tugas, “belanjain semuanya buat anak-anak ini” *ga spesifik banget maap, tapi memang ini misi rahasyah hahaha*

intinya saya belanja semau-maunya ke toko buku, mainan dan alat tulis, meeeeennn menyenangkan sekalee 😛 ..apalagi saya memang tipe penghabis uang di toko buku (tapi sekarang udah jadi anak perpus ko, tobaat sama harga gramed). walaupun barang-barang yang dibelanjain bukan buat saya, dan agak ribet sendirian bawa gembolan segede gunung di angkot, tapi rasanya seneng banget ngelakuin ini, mau lagi! 😀

sebenernya bisa ga usah repot pergi-pergi soalnya kan neng egi jualan buku juga, tapi buku jualan neng egi kebanyakan buku dr.seuss, yang sampe detik ini saya masih ga ngerti sama isi dan gambar-gambarnya ~_~

eh! malah kemana-mana ceritanya,, lanjut…

jadi setelah proses bela-beli dan saya udah nyampe rumah, buku-buku yang saya beli saya baca dulu sebelum dikasihin .. *curang*   … nah, di salahsatu buku yang saya beli ada tentang sejarah mesir puluhan sampe ratusan tahun yang lalu, diceritakan bahwa hal yang paling penduduk mesir tunggu-tunggu tiap tahun (pada masa lampau) adalah banjir! siklus banjir juga tetap tiap tahunnya dan perkiraannya tiap bulan mei-juni (kalo di Indonesia di akhir tahun-februari). nah si penduduk mesir malah seneng bangeett kalo banjir, soalnya setelah banjir tuh kualitas tanahnya bisa dibilang adalah kualitas terbaik. orang-orang jauh-jauh dateng ke lokasi banjir tersebut buat nanem-nanem berjamaah.

nah! hal ini baru banget buat saya, saya memang ga pernah ngerasain banjir, tapi saya selalu beranggapan kalo banjir yang melanda di kota-kota sebelah memang merupakan musibah yang sedang terjadi, dan memang lingkungan juga ngebuat saya mikir hal negatif tentang banjir (malah nyalahin lingkungan, hahahaaaa.. padahal salah saya sendiri kurang wawasan). saya jadi heran sendiri, disaat saya mikir hal yang negatif-negatif, di belahan dunia lain malah menanggapi dengan positif dan semangat abiss kalo musim banjir.

hemmm… belajar memang bisa dari mana aja ya, dan untuk kali ini belajarnya dari buku untuk anak usia 6 tahun, eh, salah! dari orang mesir.. ;p

terimakasih orang mesir 😀    oyasumi 🙂

1

jangan sampai anak kita mengalami hal yang kita alami dulu

kalo orang lain sih yaa… berani bilang, “jangan sampai anak saya mengalami hal yang saya alami dulu” ketika memang dulu dia merasa pendidikannya kurang, tidak sempat merasakan sekolah karena keterbatasan biaya, atau alasan-alasan yang lain.. lah inii… kakak saya, yang lulusan SMPN 4, SMAN 1 Bogor, komunikasi UI, yang memang pada masanya dulu adalah sekolah-sekolah yang terbaik ternyata bisa ikutan bilang hal kayak gitu juga..

“jangan sampe bentang ngalamin hal yang dulu saya alamin..”

LAH!

okaay, dia ternyata tertarik dengan sistem home schooling yang saya anggap, “apa-apaan sih lu!?”

lalu ketika saya sedikit menentang, saya diserang dengan pertanyaan-pertanyaan ini : kata siapa belajar itu dibatasin tahun-tahunnya? kalo untuk masalah sosialisasi, kata siapa kita cuma boleh bergaul dikelas dengan teman yang rata-rata seusia? padahal di dunia “nyata” kita harus bersosialisasi dengan segala kalangan.. kata siapa harus ikutin pemerintah? dan kata siapa kata siapa lainnya .____.

iya juga sih……… pernah baca juga artikel yang terkadang kita menyerahkan tanggung jawab mengenai pendidikan akademik hanya ke guru saja, padahal itu sepenuhnya tanggungjawab kita sebagai orangtua (kita? berasa udah punya anak aja si winda) gara-gara si neng egi juga saya jadi agak giat baca tentang homeschooling, kalo yang indonesia bisa baca di rumahinspirasi.com. gara-gara itu dari sekarang aja saya udah ngerasa bersalah kalo nanti masukin anak saya ke sekolah yang kita-kita jalanin dulu. gimana dong 😐 tapi ga ngikutin pemerintah ga dosa kan? :3

20.02.2014

tulisan diatas saya ralat deh, pemerintah ngedukung homeschooling juga loohhhh :B

0

hati-hati dengan hati :p

hati-hati dalam berdoa (meminta), diizinkan Allah belum tentu diridhoi Allah…

17. Al Israa’

11. Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. 

NAH!! coba dilihat lagi percakapan iblis dengan Allah di Al A’raaf 13-18

Allah berfirman: “Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.”

Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan.” 

Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.” 

Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

Allah berfirman: “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya.”

permintaan iblis dikabulkan (diizinkan), tetapi tidak diridhoi….. hati-hati dalam berdoa, semoga permintaan kita adalah permintaan yang diridhoi Allah.. 🙂

minggu kemaren pas nonton mario teguh golden ways, om mario bilang.. setan itu masuk dalam bentuk keinginan-keinginan.. pas sama ayat ini

22. Al Hajj

52. Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasulpun dan tidak (pula) seorang nabi, melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, syaitanpun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu, Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh syaitan itu, dan Allah menguatkan ayat-ayat- Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,

harusnya pas kita minta sesuatu juga kita bisa milah-milah, ini keinginannya berupa nafsu dari setan bukan ya?

12. Yusuf

53. Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. 

solusinyaa…..

7. Al A’raaf

201. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.

intinya kalo ingin sesuatu tanya dulu sama Allah, terus jangan minta cepet-cepettt… karena..

21. Al Anbiyaa’

37. Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perIihatkan kepadamu tanda-tanda azab-Ku. Maka janganlah kamu minta kepada-Ku mendatangkannya dengan segera. 

dikabulkan belum tentu diridhoi….

0

children just like me

Image

We don’t have a TV – we don’t need one. We’ve got lots of things to do” – eight-year-old Ruairidh

I think it’s important to know how to use your hands, and not rely too much on computers. If computers go wrong in the future, people won’t know what to do because they’ve forgotten how to work without them.” – ten-year-old Kieran

*dinasehatin anak-anak* *jleb* ….. beberapa tahun yang lalu di blog yang lama pernah bahas buku ini juga, eh bukan buku ini sih, ini edisi yang britain, kalo yang dulu pernah dibahas judulnya cuma “children just like me” aja dan ada anak indonesianya juga loh :3.. SAYA SUKA BANGET BUKU INI AARRGGHHH :O isi bukunya kayak yang dibawah ini…

Image

*karena hp saya ga ada kameranya jadi ngambil fotonya dari google aja yah*

jaaadiiii…tiap kita buka halaman dari  buku children just like me dan children of britain just like me, kita bakal nemu kegiatan si anak kesehariannya ngapain, cita-citanya apa, makanan kesukaannya apa, sejarah keluarganya gimana, percaya surga neraka? .. pokonyah harus baca sendiri.. seru :3 kalo mau baca children just like me bisa pinjem ke perpus cinta baca bogor baru, kalo children of britain just like me saya juga punya, tapi keponakan saya aja gak saya pinjemin :p

dadah ohayooou 😀

0

apa saja yang kamu langgar?

Ali Imran

92. Kamu tidak akan memperoleh kebajikan sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu infakkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. 

133-134. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. 

beliau mencontohkan nelson mandela, udah dipenjara bertaun-taun tapi memilih untuk memaafkan. berarti termasuk orang yang bertakwa ga? .__. sejak itu saya yang suka idealis ga jelas, langsung berubah paradigmanya. mau orang lain pake baju super ketutup atau super kebuka ke, mau dia keliatan sholat apa ngga ke, kegiatannya apa ke, di ktp agamanya apa ke, sumpah… bukan urusan saya buat ngaudit sama sekali. mau pake peci pake jubah pake kalung salib pake gamis pake khimar atau apa aja tetep aja penjelasan tentang orang bertakwa ya seperti ayat diatas.. toh Al Qur’an buat anak cucu Adam (baca: buat seluruh umat manusia) bukan hanya untuk orang yang mengaku muslim .__.

meennn…

beliau juga bilang, kamu minta diberikan jalan yang lurus? tau ga jalan yang lurus itu apa? .___. trus di ayat 2:160 ditanya juga gimana kamu mau mengadakan perbaikan kalo kamu gatau ayat mana aja yang kamu langgar T_T

eh… tadinya bukan mau bahas ini sih… -__- tadinya mau bahas apa saja sebagian harta yang kita cintai yang bisa kita infakkan 😀 beberapanya :

uang, materi, ilmu pengetahuan, waktu, tenaga, perhatian, doa, senyum, keterampilan

😀

oyasumi :B